Tugas 1 MPPL - Deskripsi dan Inisiasi Proyek

Deskripsi dan Inisiasi Proyek

Latar Belakang

Warung, toko kelontong, agen, salon, apotek dan lain - lain merupakan salah satu pelaku ekonomi yang banyak dijumpai terutama di Indonesia. Keberadaan pelaku ekonomi ini sangatlah berpengaruh dalam kehidupan sehari - hari masyarakat Indonesia, karena menyediakan kebutuhan sehari - hari dengan harga yang murah dan berada dekat dengan pembeli. Namun ada beberapa hal yang mempersulit perkembangan para pelaku ekonomi kecil ini sendiri. Berbeda dengan toko online yang sedang berkembang pesat saat ini, dimana pembeli melakukan transaksi tidak secara langsung dan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Sedangkan pelaku ekonomi kecil ini melakukan proses transaksi secara langsung.

Tanpa disadari banyak sekali permasalahan yang dihadapi oleh pelaku ekonomi ini. Selain mempertahankan agar selalu dapat berbisnis, permasalahan seperti kesulitan dalam menyimpan stok, pembukuan yang dilakukan secara manual, terutama sulitnya mobilitas maupun transaksi saat melakukan pembelian stok dagangan, dan permasalahan lainnya. Padahal dengan adanya pelaku ekonomi kecil ini kebutuhan sehari-hari menjadi lebih mudah dalam waktu yang singkat pula karena melakukan transaksi secara langsung. Keberadaan pelaku ekonomi kecil saat ini juga sudah kehilangan pamornya karena keberadaan minimarket yang mana memiliki banyak fasilitas seperti, buka selama 24 jam, berada dimana saja, menyediakan sarana pemesanan tiket kereta api, pulsa, token listrik dan sebagainya, sehingga banyak masyarakat yang beralih ke mini market ini.

Rumusan Masalah

Bagaimana memeratakan perekonomian Indonesia melalui pelaku ekonomi kecil ?

Tujuan

Memberdayakan pelaku ekonomi kecil yang ada di Indonesia.

Definisi Proyek

Proyek sitem informasi “Warunk” yang akan dibuat merupakan aplikasi yang dapat diakses melalui smartphone maupun website. Aplikasi ini ditujukan tidak hanya kepada pemilik pelaku ekonomi kecil guna melakukan transaksi berupa mempermudah pemesanan stok barang, pembukuan secara murah, cepat, mudah dan aman, namun juga menyediakan layanan produk visual (tiket kereta, pembayaran tagihan air, tagihan listrik, dan lain - lain). Selain itu, aplikasi ini juga dapat ditujukan kepada para konsumen yang sedang mencari atau membutuhkan lokasi bisnis pelaku ekonomi kecil terdekat, serta pemasok barang stok. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga akan memberikan penawaran pinjaman bagi para pelaku ekonomi yang membutuhkan modal. Semakin banyak para pelaku ekonomi yang menggunakan aplikasi ini dan melakukan transaksi apapun itu tentunya tidak hanya meningkatkan pendapatan perusahaan, namun proyek ini dapat meningkatkan dan mempermudah para pelaku ekonomi kecil dalam menjalankan bisnisnya sehingga dapat berkembang pesat dan mampu meningkatkan kesejahteraan baik bagi pemilik bisnis maupun konsumen.
  • Tahapan 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Use Case Sistem Informasi Go-Food

SYSTEM ANALYST