SYSTEM ANALYST

I. Job Description

Seorang sistem analis bertugas menganalisa (menguraikan/menetapkan/merancang) bagaimana segala komponen sistem (software, hardware dan laian-lain) dapat bekerja secara baik dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pekerja atau klien.

Sistem analis tidak hanya merancang sistem baru melainkan juga mambantu dalam memperbarui/meningkatkan sistem yang sudah ada dan juga memonitor efektivitas kinerjanya.




II. Tahapan Penyusunan





III. Dokumen SRS


Dokumen SRS - Software Requirement Spesification  merupakan dokumen yang menggambarkan secara detail spesifikasi kebutuhan software dalam pembangunan proyek perangkat lunak sistem informasi.  Dokumen ini ditujukan untuk memberikan gambaran yang spesifik dari kebutuhan software. Spesifikasi kebutuhan tersebut termasuk dari segi perangkat lunak dan perangkat keras. Dokumen SRS ini merupakan acuan untuk mengetahui spesifikasi kebutuhan dalam menyelesaikan proyek ini. Dokumen SRS berisi tentang deskripsi tentang kebutuhan perangkat lunak (tools pembuat system, perancangan system yang akan dikembangkan), perangkat keras dan sumber daya manusia (SDM).

Isi dokumen SRS secara umum berisi poin-poin sebagai berikut :


1. Introduction

Pada bagian ini, diberikan pengantar mengenai spesifikasi, baik itu mengenai definisi, tujuan, serta pembaca yang ditargetkan untuk membaca SRS ini, serta pengenalan secara umum mengenai spesifikasi.


2. Overall Description

Bagian ini berisi penjelasan berupa perspektif produk, user yang terkait dengan pengguna produk sistem informasi dan asumsi beserta depedency yang terkait dengan project sistem informasi. bagian ini juga berisi penjelasan fungsi-fungsi produk sistem informasi yang akan dikerjakan.



3. Specific Requirement

Pada bagian ini dijelaskan mengenai :
  • Kebutuhan fungsional
Bagian ini membahas mengenai kebutuhan-kebutuhan fungsional dari sistem, digambarkan melalui use cases. Use cases ini menggambarkan seluruh kerja fungsional dari perangkat lunak secara keseluruhan, melalui semua pengguna yang menggunakan perangkat lunak tersebut (aktor). Use cases yang digambarkan menunjukkan seluruh kerja fungsional dari perangkat lunak.


  • Kebutuhan data
Bagian ini membahas mengenai data-data yang dibutuhkan dalam pengembangan perangkat lunak. Data-data ini mencakup semua data yang diperlukan oleh perangkat lunak dalam prosesnya. Data-data ini bisa berupa masukan, serta keluaran yang akan dihasilkan oleh sistem / perangkat lunak.


  •  Kebutuhan kualitas system
Bagian ini menjelaskan secara spesifik faktor-faktor dari kualitas sistem yang tidak berhubungan dengan kebutuhan fungsional yang didokumentasikan melalui use case.


  •  Batasan sistem
Bagian ini menjelaskan mengenai batasan-batasan yang ada pada sistem / perangkat lunak secara keseluruhan. Batasan yang ada berupa batasan dalam arsitektur, desain dan implementasi dari sistem.


4. Appendixes dan Index


Pada bagian appendix dan index ini hanya ditambahkan lampiran-lampiran yang diperlukan dalamspesifikasi dari software ini.

Manfaat dari SRS yaitu untuk menunjukkan kepada pembaca mengenai spesifikasi dari suatu perangkat lunak / sistem dengan jelas serta kebutuhan-kebutuhan baik fungsional maupun non-fungsional serta batasan-batasan sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai sistem.

SRS bisa terdiri dari banyak dokumentasi yang saling melengkapi.


contoh dokumen SRS: Dokumen SRS Perpustakaan



 IV. Klasifikasi Sistem Informasi



V. Sistem Informasi E-Patient RS. Dr. Moewardi Surakarta



E-Patient merupakan aplikasi berbasis android yang ditujukan kepada pasien rawat jalan RS Dr. Moewardi Surakarta. Aplikasi ini dibuat dengan harapan untuk mempermudah registrasi awal sebelum melakukan rawat jalan, serta mempersingkat proses administrasi, karena seperti yang kita tahu bahwa proses administrasi hampir di seluruh rumah sakit memerlukan waktu yang sangat lama karena banyaknya pasien. Dengan adanya aplikasi ini pasien dapat melakukan registrasi sampai sebulan sebelum melakukan rawat jalan.

Berikut diagram sistem informasi E-Patient berdasar klasifikasi sistem informasi:





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Use Case Sistem Informasi Go-Food